Senin, 25 Juni 2012

Aqiqh untuk janin keguguran


Hasil Bahts Masail LBM NU Mojokerto
Deskripsi
Sebagaimana dijelaskan dalam kitab-kitab turats, anak yang diaqiqahi besok di akhirat akan dibangunkan oleh Allah dan bisa memintakan syafaat untuk orang yang mengaqiqahkan , sebagaimana dinyatakan ulama salaf: “Barangsiapa yang tidak mau mengaqiqahi anaknya, maka besok(diakhirat) tidak akan menerima syafaat (berkat doa anaknya).
Pertanyaan
Apakah anak kluron (keguguran dini:jawa) juga sunnah diaqiqahi seperti halnya anak yang lahir normal ?
Jawab
Diperinci sebagai berikut:
apabila bayi kluron itu sudah dimasuki ruh (kandungan sudah beruur 4 bulan lebih) maka sunnah diaqiqahi.
Apabila belum dimasuki ruh, maka tidak disunnahkan, karena janin yang belum dimasuki ruh termasuk jamad(sesuatu yang tidak bernyawa) yang besok dihari kiamat tidak akan dibangkitkan oleh Allah.
Dasar Pengambilan Hukum
Fatawa Ibn Hajar al Haitamy IV halaman 257
وسئل رضي الله تعالى عنه هل تستحب العقيقة عن السقط مطلقاً أو يفرق بين من ظهرت فيه أمارة التخلق من تخطيط وغيره؟. فأجاب نفع الله تبارك وتعالى بعلومه المسلمين: بأن العقيقة إنما تسن عن سقط نفخت فيه الروح كما جريت عليه في شرحي الإرشاد والعباب تبعاً للزركشي ، وأما ما لم تنفخ فيه الروح فهو جماد لا يبعث ولا ينتفع به في الآخرة فلا تسن له عقيقة بخلاف ما نفخت فيه فإنه حي يبعث في الآخرة وينتفع بشفاعته، وقد قال جماعة من السلف: من لم يعق عن ولده لا يشفع له يوم القيامة فافهم ما ذكرته من أن العقيقة تابعة للولد الذي يشفع وهو من نفخت فيه الروح فكذلك يقيد ندبها بمن نفخت فيه الروح والله سبحانه وتعالى أعلم

0 komentar:

Posting Komentar

 

jancok © 2008. Design By: SkinCorner