RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : Mts Negri Tanjunganom
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : VII / I
Alokasi Waktu : 10 Menit
II. STANDART KOMPETENSI
Menerapkan Akhlaq Pada Sesama Muslim
III. KOMPETENSI DASAR
Memahami akhlaq kepada sesama muslim
IV. INDIKATOR
|
V. TUJUAN PEMBELAJARAN
Membentuk Pribadi Yang Memiliki Sifat Matinul Khuluq (Akhlaq Yang Kuat)
VI. MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq kepada sesama muslim
VII. MODEL PEMBELAJARAN
1. Strategi : Siswa aktif belajar (SAB)
2. Pendekatan : Koperatif
3. Metode : Ceramah, permainan, penugasan.
4. Teknik : Menjelaskan, bertanya
VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
10 Menit (1 Kali Pertemuan)
N0 | Aktifitas | Waktu | Nilai Karakter |
1 | Kegiatan awal Ø Persiapan · Guru datang tepat waktu · Guru memberi salam dan memulai dengan membaca basmalah · Berdo’a mengawali pelajaran · Mengecek kehadiran siswa · Guru mengkaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari · Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa | 2 menit | Disiplin Santun Religiuas Peduli sosial Logis Jujur |
2 | Kegiatan Inti Ø Eksplorasi · Guru bertanya tentang arti akhlak sesama muslim · Guru menggunakan media pendekatan pembelajaran,(vidio/vcd ahklak) dan sumber belajar lain yang sesuai · Guru menjelaskan kembali pengertian dan cuntoh ahklak kepada sesama muslim Ø Elaborasi · Guru membagi tugas menjadi empat kelompok · Setiap kelompok menunjuk 3 siswa dari anggotanya untuk maju · Siswa yang telah maju / penumpang berdiri berdesakan diatas kapal (koran) yang hampir tenggalam · Kemudian kapal dipersempit (koran) terusmenerus dengan cara dilipat · Games berahir jika keadaan tidak memungkinkan lagi, kelompok untuk berdiri dan kapal tengelam Ø Konfirmasi · Guru mengapresiasikan hasil penampilan siswa yang telah berani tampil · Guru dan siswa menyebutkan makna gemes | 5 menit | Komunikatif Kreatif Cinta ilmu Disiplin Demokrasi Demokrasi, Kerjasama Kreatif, Kerjasama Tanggung jawab Menghargai Prestasi Kreatif |
3 | Ø Kegiatan Akhir · Guru memberi tugas kepada siswa · Guru menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam | 3 menit | Tanggung jawab Religius, Santun |
IX. ALAT DAN SUMBEER BELAJAR
1. Alat : Koran, VCD
2. Sumber :
· Buku paket Aqidah ahklak kls VII / I
· Buku lain yang relevan
X. PENILAIAN
Aspek kognitif
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan akhlaq ?
2. Apa yang dimaksud ahklaq sesama muslim ?
3. Sebutkan contoh ahklaq sesama muslim ?
Kunci jawaban
1. Ahklaq berasal dari kata khulak, jamak dari Al khuluk yang artinya kebiasaan, tingkahlaku dan tabiat.
2. Yang terbentuk dari hati manusia, yang mempunyai nilai ibadah setelah menerima rangsangan dari keadaan sosia.
3. Menebar salam, Menjenguk orang sakit, Tolong menolong, Menghargai oyang lebih tua, Menghubungkan tali persaudaraan.
Aspek Psikomotorik
No | NamaSiswa | AspekPenilaianPsikomotorik | Jml Skor | Nilai | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | MutuKarya | ||||
01 | | | | | | | |
02 | | | | | | | |
03 | | | | | | | |
04 | | | | | | | |
Dst | | | | | | | |
;;; | | | | | | | |
‘’’ | | | | | | | |
Ket :
1. Sangat kurang
2. Kurang
3. Cukup
4. Baik
5. Amat baik
Penilaian Karakter
Nama : ……
Kelas : ……
Mata Pelajaran : ……
PokokBahasan : ……
No | Karakter | Aspek penilaian | Skors | Jumlah | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | Kreatif | Aktif dalam menyampaikan pendapat | | | | | | |
2 | Rasa ingin tahu | Tidak merasa puas terhadap hasil kerjanya | | | | | | |
3 | Demokratis | Menghargai pendapat sensama teman | | | | | | |
Rata-rata nilai karakter | |
Ket :
1. Sangat kurang
2. Kurang
3. Cukup
4. Baik
5. Amat baik
0 komentar:
Posting Komentar